Kamis, 12 Desember 2013

Bab 2 Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan


1. Pengertian Perusahaan
      Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat jadi bukan untuk mencapai keuntungan maximal tapi juga mempunyai tujuan membuka kesempatan kerja, pertimbangan politik dan upaya pengabdian kepada masyarakat.

2. Tempat kedudukan dan letak perusahaan

·         Pentingnya letak Perusahaan
Letak perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan,yaitu tempat dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari. Sedangkan istilah tempat kedudukan perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan.
Dengan semakin tajamnya persaingan serta banyaknya perusahaan yang saat ini bermunculan,maka pemilihan letak perusahaan ini sudah tidak mungkin dilakukan dengan cara coba-coba. Karena dengan cara itu perusahaan akan kalah dalam bersaing.

·         Jenis-Jenis Letak Perusahaan
Dibedakan menjadi 4, yaitu :
Ø Terikat pada alam
Perusahaan memilih letak yang terikat pada alam dikarenakan bahan baku yang mudah untuk didapatkan dan tersedia dalam jumlah yang banyak.
            Contoh : Perusahaan timah, emas, minyak bumi.
Ø  Terikat sejarah
Perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu  daerah tertentu karena hanya dapat di jelaskan berdasarkan sejarah
            Contoh : Perusahaan batik, pekalongan.
Ø  Ditetapkan oleh pemerintah
Perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan, politik dan kesehatan.
Contoh : Perusahaan kimia, limbah dampaknya dapat ditekan serendah mungkin.

Ø  Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Yang bersifat industri adalah : ketersediaan bahan mentah, tenaga air, tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dan kesesuaian iklim.

Perusahaan mempunyai lima unsur penting yaitu:
1. Organisasi
2. Produksi
3. Sumber ekonomi
4. Kebutuhan konsumen
5. Perolehan laba atau keuntungan

3. Perusahaan dan Lembaga Sosial
.         A. Perusahaan

·         Tujuan Pendirian Perusahaan
Di bedakan menjadi 2, yaitu :

Ø  Tujuan ekonomis
Tujuan ekonomis yaitu perusahaan bertujuan untuk melakukan kegiatan ekonomi dan berinteraksi dengan masyarakat dengan memperoleh timbal balik. Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).

Ø  Tujuan sosial
Tujuan sosial yaitu perusahaan bertujuan untuk lebih kepada kepentingan sosial. Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, factor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.

·         Perusahaan sebagai suatu Sistem 
Sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat, maupun tanggung jawab sosial.
·         Sifat Sistem Perusahaan
Terdapat 5 sifat sistem perusahaan diantaranya :
Ø  Komplek
Ø  Beragam
Ø  Dinamis
Ø  Saling tergantung
Ø  Sebagai suatu kesatuan atau unit

·         Fungsi-fungsi Perusahaan
Perusahaan mempunyai 2 fungsi yang penting untuk dijalankan dengan baik dan terkoordinir dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. 2 fungsi tersebut yaitu

a.        Fungsi operasi
Yaitu perusahaan mengoperasikan seluruh kegiatan-kegiatan yang ada didalamnya dengan baik antara lain meliputi pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasidan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.

b.      Fungsi manajemen
Yaitu perusahaan harus bisa memenej segala sesuatu yang ada didalamnya, mengatur seluruh sistem-sistemnya antara lain perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
·         Ciri-ciri Perusahaan
Mencerminkan kekhasan yang membuat perusahaan bersangkutan mudah dikendali.
Ciri-ciri umumnya sebagai berikut :
o   Operatif
o   Koordinatif
o   Regular
o   Dinamis
o   Formal
o   Lokasi
o   Pelayanan Bersyarat

B.   Lembaga Sosial 
Adalah suatu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup. 
·        Fungsi lembaga sosial
Adalah untuk memberikan pedoman kepada anggota masyarakat tentang sikap dalam menghadapi masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok, menjaga keutuhan dari masyarakat, sebagai paduan masyarakat dalam mengawasi tingkah laku anggotanya.
     Dalam pendekatan ekonomi, pemisalan terpenting dalam menganalisis kegiatan perusahaan adalah perusahaan akan melakukan kegiatan produksinya hingga mencapai tingkat keuntungan maksimum. Meskipun demikian memperoleh laba bukanlah satu-satunya tujuan perusahaan. Masih ada tujuan lain seperti memberikan kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran, prestise, pertimbangan politik, upaya pengabdian kepada masyarakat dan sebagainya.
      Dengan demikian, yang membedakan perusahaan dengan lembaga sosial terletak pada penekanan/prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup, dan tanggung jawab sosial. Lembaga sosial lebih menekankan prioritasnya pada tanggung jawab sosial. Sebaliknya, perusahaan berorientasi pada perolehan keuntungan, umumnya akan memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai perusahaan.

4. Berbagai macam lingkungan perusahaan dan Pengaruhnya  terhadap    perusahaan.

·         Lingkungan Perusahaan

Lingkungan perusahaan terbagi atas 2 lingkungan, yaitu lingkungan Internal dan lingkungan eksternal.

a. Lingkungan Internal
Lingkungan internal adalah kekuatan-kekuatan yang berada didalam perusahaan dan masih dapat dikontrol oleh perusahaan. Lingkungan internal berpengaruh dalam kompetensi atau kinerja sebuah perusahaan. Kekuatan-kekuatan yang terdapat di dalam perusahaan meliputi : pekerja, dewan komisaris, dan pemegang saham.
factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contohnya :
 Tenaga kerja
 Peralatan dan mesin
 Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
 Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
 System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.

b. Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal yaitu lingkungan yang berasal dari luar perusahaan yang tidak berpengaruh langsung terhdap kompetensi dan kinerja sebuah perusahaan. Secara umum, lingkungan perusahaan dapat dikategorikan ke dalam dua bagian besar, yakni lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan. Lingkungan eksternal sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian besar lagi yakni lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri. Kategori lingkungan Eksternal perusahaan adalah sebagai berikut:

o   Lingkungan Umum
Lingkungan umum adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal organisasi yang menyusun faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya berada di luar dan terlepas dari operasi perusahaan. Lingkungan ini hanya memiliki sedikit dampak implikasi langsung bagi pengaturan suatu organisasi. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:
a. Ekonomi
b. Sosial
c. Politik dan Hukum
d. Teknologi
e. Demografi
Dengan kata lain, Lingkungan umum adalah sekumpulan elemen-elemen dalam masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi suatu industri dan perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya.

o   Lingkungan Industri
Lingkungan industri adalah serangkaian faktor-faktor-ancaman dari pelaku bisnis baru, supplier, pembeli, produk pengganti, dan intensitas persaingan di antara para pesaing yang secara langsung mempengaruhi perusahaan dan tindakan dan tanggapan kompetitifnya. Semakin besar kapasitas perusahaan untuk mempengaruhi lingkungan industri, semakin besar kemungkinan perusahaan untuk menghasilkan laba di atas rata-rata

·         Pengaruhnya
Bentuk perusahaan mana yang akan dipilih dipengaruhi olah beberapa faktor ,antara lain:
a. Jumlah modal yang dimiliki oleh para pendiri
b. Jenis usaha yang akan dijalankan
c. Sistem pengawasan perusahaan
d. Batas-batas tanggung jawab terhadap utang-utang perusahaan
e. Cara pembagian keuntungan perusahaan
f.  Resiko yang dihadapi
g. Jangka waktu pendirian perusahaan
h. Peraturan pemerintah dan masyarakat,dan sebagainya.

5. Pendekatan dalam Melihat Bisnis-Lingkungan

Bisnis tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Aktivitas bisnis pada umumnya punya tujuan menghasilkan laba. Bisnis sangat erat kaitannya dengan perusahaan. Meskipun demikian, untuk memahami seluk beluk bisnis diperlukan pengetahuan, pemahaman, dan penguasaan ilmu ekonomi perusahaan serta konsep-konsep pokoknya, agar bisnis dapat dikelola sesuai sarana.Pengolahan lingkungan terkait erat dengan bisnis maupun perdagangan global.
Sertifikat sistem manajemen lingkungan ISO 14001 merupakan salah satu aspek lingkungan dengan bisnis dan perdagangan global. Keterkaitan pengelolaan lingkungan industri dengan bisnis semakin kuat. Banyak industri yang melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik karena dorongan bisnis, dalam hal ini merupakan sesuatu yang positif bagi lingkungan. Pemakaian bahan berbahaya dan beracun baik pada proses maupun produk semakin mendapat tekanan dari konsumen. Ada beberapa kasus pembeli membatalkan permintaan akan produk industri hanya karena perusahaan tiidak melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik.


Sumber :
Buku Pengantar Bisnis,John Soeprihanto,Edisi Kelima
Budiarto Teguh. 1993. dasar pemasaran. Universitas Gunadarma. jakarta.M. Fuad, Christin H, Nurlela, Sugiarto, Paulus, Y.E.F. 2000. Pengantar Bisnis. Gramedia pustaka utama. jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar