Kamis, 12 Desember 2013

Bab 1 Ruang Lingkup Bisnis

1. Pengertian Bisnis
            Bisnis adalah pertukaran barang,jasa,atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat (Skinner,1992) sedangkan menurut arti dasarnya,bisnis memiliki makna sebagai the buying and selling of goods and services. Dahulu bisnis dilakukan dengan cara barter, yaitu pertukaran tanpa menggunakan uang, jika seseorang memerlukan sepatu,dan ia hanya mempunyai jagung, dia dapat menukarkan atau membarter jagung dengan seseorang yang membutuhkan jagung demi untuk mendapatkan sepatu, namun lambat laun di temukanlah kendala-kendala seperti perbedaan kebutuhan satu sama lain.

·         Jenis-jenis Bisnis

1.    Bisnis Ekstraktif adalah bisnis yang bergerak dalam jenis kegiatan pertambangan atau menggali bahan-bahan tambang yang terkandung dalam perut bumi. Misalnya pabrik semen, tambang timah, aluminium, tembaga, serta PERUM Pertamina yang mengusahakan minyak dan gas bumi.
2.    Bisnis Agraris adalah bisnis yang bergerak di bidang pertanian (termasuk pula pertanian, peternakan dan perunggasan), perkebunan serta kehutanan.
3.    Bisnis Industri adalah bisnis yang bergerak di bidang industri manufacturing, misalnya indutri tekstil garmen, mesin-mesin, mebel, pesawat terbang, mobil, sepeda motor, kapal laut maupun pabrik kertas, tapioca dan sebagainya.
4.    Bisnis Jasa adalah bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang menghasilkan produk-produk yang tidak berujud seperti jasa pendidikan, kecantikan, perbankan, kesehatan,penanggungan risiko, jasa pariwisata dan sebagainya.
 
2. Alasan dan Tujuan Bisnis dalam suatu Negara
            Ada beberapa alasan-alasan dan Tujuan suatu perusahaan ,pribadi maupun suatu negara dalam melaksanakan Bisnis, yaitu :

A.  Alasan-alasannya :

1.  Adanya saling ketergantungan, baik secara individual maupun sebagai Negara, dari zaman ke zaman hampir semua orang bergantung pada orang lain,seperti zaman dahulu ketika barter barang masih berlangsung,atau zaman sekarang yang alat tukarnya sudah berubah menjadi Uang. Saling ketergantungan akan terus meningkat seiring permintaan atas kebutuhan dan keinginan manusia itu sendiri.


2.  Adanya peluang Internasional. Meningkatnya globalisasi dalam dunia bisnis telah membuka peluang besar bagi para pembisnis.Era baru dunia bisnis dalam pasar Internasional memerlukan pemimpi bisnis yang tahu bagaimana memulai,mengoperasikan dan melanjutkan usahanya serta bernegosiasi bisnis antara perusahaan-perusahaan dari luar negara yang berbeda.

3.  Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup.  Yang di maksud dengan standar hidup adalah suatu ukuran tentang seberapa baik seseorang atau keluarga dapt memuaskan kebutuhan dan keinginannya dengan barang dan jasa.

4.  Adanya perubahan. Bisnis bersifat dinamis,selalu berubah. Mengikuti perubahan baik dengan hal-hal yag dapat di perkirakan maupun yang tidaka dapat di perkirakan. Bisa lebih mudah,efisien,mengurangi produk,membutuhkan perubahan dan lain sebagainya.

5.  Mencegah kesalahpahaman. Bisnis akan membantu kita untuk memisahkan fakta dari fiksi dalam isu-isu bisnis.

B.   Tujuannya :

1.    untuk meraih profit atau keuntungan,
2.    mempertahan kan kelangsungan hidup perusahaan,
3.    pertumbuhan perusahaan,
4.    tanggung jawab sosial.

     Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan merupakan hal yang wajar, karena tujuan lain hanya akan di capai apabila bisnisnya bertahan. Sedangkan bertumbuh merupakan tujuan karena bisnis tidak dapat tetap seperti semula adanya. Untuk menghasilkan keuntungan yang tinggi dalam bisnis terkandung faktor risikom makin tinggi keuntungan yang di harapkan,makin besar pula risiko yang akan di hadapi. Oleh karena itu faktor risiko perlu di perhitungkan dengan matang dalam menjalankan bisnis tersebut.

3. Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
1.      Sistem Perekonomian
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
2.      Sistem Pasar
Adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi, dan konsumsi semuanya diserahkan kepada mekanisme pasar.
4. Kesempatan Bisnis atau Usaha
Dalam barusaha Kita dapat menggunakan beberapa cara tetapi tidak ada jaminan usaha Kita akan berhasil. Tetapi dalam melakukan suatu usaha Kita harus berani mengambil resiko. Beberapa cara itu adalah :
1.       Penuhi Kebutuhan Konsumen
2.      Jual Keunikan
3.      Duplikasi Usaha Lain
4.      Beri Fasilitas Tambahan
5.      Jual Keterampilan
5. Unsur-unsur Penting dalam Aktivitas Ekonomi
Aktifitas ekonomi memerlukan 3 unsur yaitu:
1.      Keinginan manusia
2.      Faktor-faktor produksi
3.      Cara-cara berproduksi( Techniques of production)  
6. Hakikat Bisnis
Hakikat Bisnis adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.
7. Mengapa Belajar Bisnis
Mengapa belajar bisnis ? Menurut Saya dengan belajar bisnis Saya dapat tahu cara-cara berbisnis yang baik. Tetapi jangan hanya belajar Kita harus melakukan praktek, dengan praktek Kita bisa tahu tentang yang tidak ada pada saatbelajar.

Sumber: :
Modul Pengantar bismis Hal 2-3, 10-16, 20-21 dan 25-30  Oleh Widyatmini
Buku Pengantar Bisnis oleh M. Fuad, dkk hal 23-24, 27
http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id Pengertian Dan Fungsi Bisnis
Anoraga Panji,SE.,M.M 2009.Manajemen Bisnis.Jakarta : Rineka Cipta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar