1. Pengertian Bisnis
Bisnis adalah pertukaran barang,jasa,atau uang yang saling menguntungkan atau
memberikan manfaat (Skinner,1992) sedangkan menurut arti dasarnya,bisnis
memiliki makna sebagai the buying and selling of goods and services.
Dahulu bisnis dilakukan dengan cara barter, yaitu pertukaran tanpa menggunakan
uang, jika seseorang memerlukan sepatu,dan ia hanya mempunyai jagung, dia dapat
menukarkan atau membarter jagung dengan seseorang yang membutuhkan jagung demi
untuk mendapatkan sepatu, namun lambat laun di temukanlah kendala-kendala
seperti perbedaan kebutuhan satu sama lain.
·
Jenis-jenis
Bisnis
1. Bisnis Ekstraktif adalah bisnis yang bergerak dalam jenis kegiatan pertambangan atau menggali bahan-bahan tambang yang terkandung dalam perut bumi. Misalnya pabrik semen, tambang timah, aluminium, tembaga, serta PERUM Pertamina yang mengusahakan minyak dan gas bumi.
2. Bisnis Agraris adalah bisnis yang bergerak di bidang pertanian (termasuk pula pertanian, peternakan dan perunggasan), perkebunan serta kehutanan.
3. Bisnis Industri adalah bisnis yang bergerak di bidang industri manufacturing, misalnya indutri tekstil garmen, mesin-mesin, mebel, pesawat terbang, mobil, sepeda motor, kapal laut maupun pabrik kertas, tapioca dan sebagainya.
4. Bisnis Jasa adalah bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang menghasilkan produk-produk yang tidak berujud seperti jasa pendidikan, kecantikan, perbankan, kesehatan,penanggungan risiko, jasa pariwisata dan sebagainya.
2. Alasan dan Tujuan Bisnis
dalam suatu Negara
Ada beberapa alasan-alasan dan Tujuan suatu perusahaan ,pribadi maupun suatu
negara dalam melaksanakan Bisnis, yaitu :
A. Alasan-alasannya :
1. Adanya saling ketergantungan, baik
secara individual maupun sebagai Negara, dari zaman ke zaman hampir semua orang
bergantung pada orang lain,seperti zaman dahulu ketika barter barang masih
berlangsung,atau zaman sekarang yang alat tukarnya sudah berubah menjadi Uang.
Saling ketergantungan akan terus meningkat seiring permintaan atas kebutuhan
dan keinginan manusia itu sendiri.
2. Adanya peluang Internasional.
Meningkatnya globalisasi dalam dunia bisnis telah membuka peluang besar bagi
para pembisnis.Era baru dunia bisnis dalam pasar Internasional memerlukan
pemimpi bisnis yang tahu bagaimana memulai,mengoperasikan dan melanjutkan
usahanya serta bernegosiasi bisnis antara perusahaan-perusahaan dari luar
negara yang berbeda.
3. Usaha untuk mempertahankan dan
meningkatkan standar hidup. Yang di maksud dengan standar hidup adalah
suatu ukuran tentang seberapa baik seseorang atau keluarga dapt memuaskan
kebutuhan dan keinginannya dengan barang dan jasa.
4. Adanya perubahan. Bisnis bersifat
dinamis,selalu berubah. Mengikuti perubahan baik dengan hal-hal yag dapat di
perkirakan maupun yang tidaka dapat di perkirakan. Bisa lebih
mudah,efisien,mengurangi produk,membutuhkan perubahan dan lain sebagainya.
5. Mencegah kesalahpahaman. Bisnis
akan membantu kita untuk memisahkan fakta dari fiksi dalam isu-isu bisnis.
B. Tujuannya :
1. untuk meraih profit
atau keuntungan,
2. mempertahan kan
kelangsungan hidup perusahaan,
3. pertumbuhan
perusahaan,
4. tanggung jawab sosial.
Mempertahankan
kelangsungan hidup perusahaan merupakan hal yang wajar, karena tujuan lain
hanya akan di capai apabila bisnisnya bertahan. Sedangkan bertumbuh merupakan
tujuan karena bisnis tidak dapat tetap seperti semula adanya. Untuk
menghasilkan keuntungan yang tinggi dalam bisnis terkandung faktor risikom
makin tinggi keuntungan yang di harapkan,makin besar pula risiko yang akan di
hadapi. Oleh karena itu faktor risiko perlu di perhitungkan dengan matang dalam
menjalankan bisnis tersebut.
3. Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
1. Sistem Perekonomian
Sistem perekonomian
adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya
yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya
adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor
produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh
memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor
tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem
ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
Selain faktor
produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut
mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned
economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor
produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market
economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang
dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
2. Sistem Pasar
Adalah suatu sistem
ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi, dan
konsumsi semuanya diserahkan kepada mekanisme pasar.
4. Kesempatan Bisnis atau Usaha
Dalam barusaha Kita
dapat menggunakan beberapa cara tetapi tidak ada jaminan usaha Kita akan
berhasil. Tetapi dalam melakukan suatu usaha Kita harus berani mengambil
resiko. Beberapa cara itu adalah :
1. Penuhi
Kebutuhan Konsumen
2. Jual Keunikan
3. Duplikasi
Usaha Lain
4. Beri Fasilitas
Tambahan
5. Jual
Keterampilan
5. Unsur-unsur Penting dalam Aktivitas Ekonomi
Aktifitas ekonomi memerlukan 3 unsur yaitu:
1. Keinginan manusia
2. Faktor-faktor
produksi
3. Cara-cara
berproduksi( Techniques of production)
6. Hakikat Bisnis
Hakikat Bisnis adalah Kebutuhan Manusia yang berupa
barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat
pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling
menguntungkan antar kedua belah pihak.
7. Mengapa Belajar Bisnis
Mengapa belajar bisnis ? Menurut Saya dengan belajar bisnis Saya
dapat tahu cara-cara berbisnis yang baik. Tetapi jangan hanya belajar Kita
harus melakukan praktek, dengan praktek Kita bisa tahu tentang yang tidak ada
pada saatbelajar.
Sumber: :
Modul Pengantar bismis Hal 2-3, 10-16, 20-21 dan 25-30 Oleh Widyatmini
Modul Pengantar bismis Hal 2-3, 10-16, 20-21 dan 25-30 Oleh Widyatmini
Buku Pengantar Bisnis oleh M. Fuad, dkk hal 23-24, 27
http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id Pengertian Dan
Fungsi Bisnis
Anoraga Panji,SE.,M.M 2009.Manajemen
Bisnis.Jakarta : Rineka Cipta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar